PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PROMOSI PELAKU USAHA BERBASIS PERTANIAN DI KOTA KENDARI
Bahasa Indonesia
Keywords:
Pelaku Usaha, Media Promosi, Pertanian.Abstract
Kegiatan pengabdian akan diperuntukan untuk membenahi manajemen usaha kelompok mitra. Target yang ingin dicapai adalah terbentuknya media promosi baru bagi pelaku usaha berbasis pertanian. Luaran yang akan dihasilkan dari kegiatan pengabdian ini adalah terbentuknya jaringan pemasaran produk mitra secara lebih luas dimana mitra dalam pemasaran produk berbasis pertanian di masing-masing wilayah sehingga memudahkan bagi mitra memasarkan produk yang dihasilkan, Mitra memiliki media promosi produk berbasis pertanian dalam bentuk flayer yang dibuat dengan menggunakan aplikasi handphone android, bekerjasama dengan pihak perguruan tinggi (UHO), pemerintah terkait dan outlet-outlet penjualan produk berbasis pertanian sebagai agen pemasaran produk. Metode pendekatan yang digunakan untuk mencapai tujuan/target luaran dengan menggunakan pendekatan pada manajemen pemasaran melalui pembuatan media promosi produk mitra yang akan digunakan oleh mitra untuk mempromosikan produknya kepada masyarakat calon konsumen. Hasil kegiatan pengabdian dapat memberikan dampak pada penerapan pembuatan media promosi melalui aplikasi canva sebesar 62,5% kepada masyarakat yang belum pernah menggunakan aplikasi tersebut. Antusias mahasiswa sebagai pelaku usaha mampu menduplikasi yang diajarkan dalam pelatihan PKM.
References
Badan Pusat Statistik. (2022). Kota Kendari dalam Angka. BPS Kota Kendari. Kendari.
Irnawati. (2015). Peranan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Sistem Pemasaran. Faktor Exacta, 8(1): 14-22.
Nayoan, A. (2019). Cara Menggunakan Canva: Tutorial Membuat Design Gratis. Retrieved from Niagahoster: https://www.niagahoster.co.id/blog/caramenggunakan-canva/.
Nikmah, F. (2017). Kajian tentang pemasaran online untuk meningkatkan peluang bisnis. Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(1), 47-56.
Nisa, K., Laili, A., Qolbiyatul, S., & Suyanto, M. (2018). Strategi Pemasaran Online dan Offline. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, 1(1).
Sarastuti, D. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Visi Komunikasi, 16(01), 71-90.
Solihin, D., Ahyani, A., Karolina, K., Pricilla, L., & Octaviani, I. S. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online pada UMKM di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. Dedikasi Pkm, 2(3), 307-311.
Wardhanie A. P. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (Society).
Wibowo, R. A. (2015). Kesuksesan E-Commerce (Online Shopping) Melalui Trust dan Customer Loyalty. Ekonomi Bisnis, 20(1), 8-15.
Wijaya, B. (2020). Cara Cepat Jualan Online dan Tarik Banyak Customer Agar Penjualan Anda Meledak Tanpa Jago Viral. https://bryanwijaya.com/.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pengembangan Inovasi dan Pembangunan Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.